(JL. MATRAMAN DALAM 3 NO. 7, PEGANGSAAN, MENTENG, JAKARTA PUSAT) E-MAIL: mr.saputro83@gmail.com HP. 081283279783

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER


www.jasa-penterjemah.com

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER


Informasi merupakan sumber daya yang paling berharga bagi manager yaitu salah satu sumber daya yang dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain, yang bersumber dari dua pengaruh yaitu Bisnis dan Komputer.
Manajer mengelola lima jenis utama sumber daya :
¨      Manusia
¨      Material
¨      Mesin
¨      Uang
¨      Informasi termasuk data
Manajer mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan dengan cara yang paling efektif, empat jenis sumber daya ini memiliki wujud, mereka ada secara fisik dan dapat disentuh, jenis sumber daya yang kelima informasi  memiliki nilai dari apa yang diwakilinya bukan dari bentuk wujudnya atau disebut sumber daya konseptual.
Komputer sebagai suatu sistem  informasi manajemen (SIM), merupakan suatu terobosan besar, karena menyadari kebutuhan para manajer akan informasi untuk pemecahan masalah, tetapi bukan hanya manajer yang memperoleh manfaat dari SIM, non manajer dan staf ahli juga menggunakan output-nya.
Para pemakai komputer meliputi :
¨      Manajer
¨      Non manajer
¨      Orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan
Tingkat Manajemen dapat mempengaruhi sumber dan bentuk penyajian informasi,  dan perlu disadari bahwa manajer ada diberbagai tingkat dan dalam berbagai area fungsional didalam perusahaan.
Tingkat-tingkat Manajemen :
1.   Manajer pada tingkat tertinggi
Seperti direktur dan para wakil direktur, pengaruh yang ditimbulkan keputusan-keputusan tersebut pada seluruh organisasi pada tahun-tahun yang akan datang (tingkat perencanaan strategis).
2.   Manajer tingkat menengah
      Manajer wilayah, direktur produk dan kepala divisi, bertanggung jawab untuk melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya tujuan (tingkat pengendalian manajemen).
3.   Manajer tingkat bawah
      Kepala departemen, supervisor dan pemimpin proyek, bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer di tingkat yang lebih tinggi (tingkat pengendalian operasional).

Keahlian manajemen
Seorang manajer yang berhasil harus memiliki banyak keahlian yang mendasar ada dua yaitu keahlian komunikasi dan pemecahan masalah.
Pengetahuan manajemen, digunakan untuk menggambarkan dua jenis pengetahuan yang merupakan kunci untuk menggunakan komputer yang satu satu adalah mengerti komputer dan yang lain mengerti informasi.
Komputer adalah suatu sistem fisik, tetapi data dan informasi yang disimpan didalamnya dapat dipandang sebagai suatu sistem konseptual. Sistem konseptual penting karena penggambarannya atas sistem fisik sebagai contoh, jika penyimpanan komputer menunjukkan bahwa ada tujuh puluh perkakas dalam gudang, inspeksi di gudang  harus mengungkapkan  tujuh puluh perkakas itu.



SUATU MODEL SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER




Dalam beberapa hal, tiap sub sistem dari CBIS menyerupai suatu organisme hidup lahir, bertumbuh, menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati. Proses evolusioner ini disebut siklus kehidupan sistem dan terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut :
¨      Perencanaan
¨      Analisis
¨      Rancangan
¨      Penerapan
¨      Penggunaan
Banyak orang mungkin menyumbangkan keahlian khusus mereka pada pengembangan sistem berbasis komputer, pemakailah yang bertanggung jawab atas siklus kehidupan sistem, seiring berkembanganya CBIS manajer merencanakan siklus kehidupan dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajer mengendalilan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan.
Saat manajer memilih untuk memanfaatkan dukungan para spesialis informasi,  kedua pihak bekerjasama untuk mengidentifikasi  dan mendefinisikan  masalah, mengidentifikasi dan mengevaluasi alternatif pemecahan, memilih solusi terbaik, merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, menciptakan Database, dan menjaga kemutakhiran sistem.