(JL. MATRAMAN DALAM 3 NO. 7, PEGANGSAAN, MENTENG, JAKARTA PUSAT) E-MAIL: mr.saputro83@gmail.com HP. 081283279783

MAKALAH PENGENALAN MICROSOFT WORD


BAB 1
PENGENALAN MICROSOFT WORD

Pendahuluan
            Komputer dan aplikasinya kini sudah menjadi kebutuhan. Bahkan untuk beberapa tahun terakhir ini hampir semua sekolah baik tingkat lanjutan pertama, atas maupun perguruan tinggi bahkan masyarakat secara umum tidak ketinggalan untuk mempelajari dan menggunakan komputer untuk berbagai keperluannya.
            Aplikasi yang dikeluarkan Microsoft Corporation tampaknya sampai saat ini masih banyak digunakan, karena selain penggunaannya mudah, cepat dan hampir memenuhi semua kebutuhan komputerisasi modern. Aplikasi yang paling umum dan banyak digunakan antara lain adalah Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint dan sebagainya.
            Buku ini akan menjelaskan salah satu aplikasi yang sangat populer di masyarakat yaitu Microsoft Word. Namun sebelum memulai menggunakan aplikasi ini akan dijelaskan langkah-langkah serta persyaratannya secara umum.

1.  Persyaratan System
            Tidak dipungkiri bahwa hampir semua aplikasi berbasis grafik memerlukan memori dan space bar yang besar. Begitu juga dengan Microsoft Office XP, dia selain memerlukan memori (RAM) tinggi, space harddisk yang dibutuhkan juga cukup besar. Memori standar yang dibutuhkan untuk menjalankan Microsoft Office baik Microsoft Office 2000 maupun Microsoft Office XP tidak terlalu sulit, yang penting Anda bisa menjalankan Microsoft Windows 2000 atau Microsoft Windows XP. Tetapi bisa juga dijalankan di atas sistem operasi Microsoft Windows 98 dengan memori minimal 32 MByte RAM.

2.  Instalasi Microsoft Office
            Proses instalasi Microsoft Office XP tidak terlalu sulit dan Anda bisa menentukan pilihan sesuai kebutuhan. Fasilitas yang berhubungan dengan proses instalasi tidak banyak mengalami perubahan, dan praktis semua proses hampir otomatis. Dalam hal ini Anda tinggal menunggu proses instalasi akan berjalan secara otomatis. Yang perlu Anda tentukan antara lain mengisi CD-Key, inisial Anda, nama Anda, dan institusinya.

3.  Memulai Word XP
            Setelah proses instalasi selesai dan sukses langkah selanjutnya adalah menggunakan program tersebut. Perlu diketahui bahwa jika proses instalasi telah selesai dilaksanakan, akan terbentuk deretan ikon di bawah program. Untuk memulainya lakukan beberapa langkah sebagai berikut.
[1]     Klik tombol Start
[2]     Klik Program
[3]     Klik Microsoft Word
[4]     Setelah melakukan beberapa langkah tersebut segera tampak jendela awal Microsoft Word.
Untuk memulai Word XP ini Anda juga bisa menekan ikon